Menyimpan Data dengan Microsoft Word 2003

Microsoft Word 2003 sebenarnya mempunyai fasilitas untuk menyimpan data dalam extention (*.mdb), jadi file berbentuk database yang bisa diolah menggunakan Microsoft Access. Fasilitas ini dikenal dengan nama mail merge karena memang didedikasikan untuk kemudahan membuat surat gabungan, maksudnya surat yang jumlahnya banyak tetapi yang berbeda hanya field-fieldnya saja. Untuk memudahkan dalam memahami field, saya beri contoh sebuah field yaitu nama, alamat dan seterusnya, jadi kalau sebuah surat misalnya surat undangan ulang tahun maka semua bentuk suratnya sama persis tetapi nama dan alamat yang diundang berbeda, inilah contoh sebuah field.
Baiklah, langsung ke pokok permasalahan yaitu cara menyimpan data dengan Microsoft Word 2003, tentunya anda harus mempunyai aplikasi MS Word 2003 ini kemudian anda jalankan. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini :
Klik menu Tools;
Drag ke sub menu Letters and Mailings;
Kemudian akan muncul sub menu Mail Merge;


Kemudian akan muncul jendela 'Task Pane' di sisi kanan, anda pilih option 'Letters' Lalu klik text di sisi bawah 'Next:starting document' ;
Akan muncul pilihan option button, anda pilih yang 'Use The Current Document';


Lalu klik lagi 'Next:select recipients' di sisi bawah ;
Kemudian pilih option :'Type a new list';
Lalu akan tampil text 'create', yang kemudian anda klik ;
Setelah itu akan tampil window 'New Address List'. Di sini anda melihat beberapa field berbahasa english. Kita bisa membuat field berbahasa Indonesia, yaitu dengan menghapus field-field tersebut lebih dahulu.

Pertama kali anda klik 'customize' ;
Kemudian anda klik 'delete' lalu klik 'Yes' berulang kali sampai window kosong sampai tidak ada tampilan field berbahasa english;


Lalu anda klik 'Add' ;
Ketikkan'nama' lalu 'ok' ;

Ketikkan lagi 'alamat' lalu 'ok' (nama,alamat sebagai contoh field) ;

Lalu 'ok' lagi,lalu anda sudah dapat memasukkan data ;
Tombol 'new entry' untuk memasukkan data, sedangkan tombol 'Delete Entry' untuk menghapus data. Setelah anda masukkan beberapa data lalu klik tombol 'close' kemudian anda diminta untuk menyimpan. Selamat mencoba.

1 komentar: